Senin, 23 November 2009

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN FASILITAS TAMAN PENITIPAN ANAK

Latar Belakang Angapan bahwa pendidikan baru bisa dimulai setelah usia Sekolah Dasar (7 tahun) ternyata tidak benar . Bahkan pendidikan yang dimulai pada usia Taman Kanak-Kanak (4-6tahun) pun dianggap sudah terlambat. Menurut hasil penilitian , pada usia 4 tahun pertama , separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Artinya , kalau pada usia tersebut otak anak tidak mendapat rangsangan yang maksimal, maka potensi otak anak tidak akan berkembang secara optimal. Anak adalah potensi utama bagi masa depan bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa , tetapi juga sebagai individu yang diharapkan memiliki daya saing tinggi. Mereka memegang peranan penting dan tanggung jawab yang besar bagi bangsa. Kepribadian dan kualitas individu pada masa dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh pada masa kanak-kanak Pemeliharaan Kesehatan bagi anak-anak juga sangat penting. Kualitas anak sangat dipengaruhi kesehatan selama masa tumbuh kembang anak. Anak pada golongan usia dini adalah masa rawan sehingga perlu mendapat pelayanan kesehatan lebih dalam karena anak mudah terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh karena itu , diperlukan perhatian khusus terhadap anak-anak tentang pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam proses perkembangan mereka. Namun seiring dengan proses modernisasi , terutama di Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah antara lain ditandai dengan bergesernya peran dan fungsi keluarga. Banyaknya wanita atau ibu yang tidak hanya berfungsi sebagai pendamping suami dan pengasuh anak dalam keluarga, tetapi juga berfungsi sebagai pencari nafkah telah menandai adanya perubahan fungsi dan peran wanita atau ibu. Beberapa alasan seorang wanita bekerja antara lain karena faktor ekonomi , untuk mengatasi kebosanan dan kesepian dirumah , keinginan untuk berteman , mengejar karier , mengejar status , dan lain-lain. Data Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2006 diperoleh angka jumlah ibu / istri bekerja mencapai 52,28% (BPS : 2006). Hal ini mengakibatkan anak-anak tidak memperoleh kasih sayang secara penuh sehingga kebutuhan dasar anak untuk proses tumbuh kembangnya tidak terpenuhi secara optimal. Kebutuhan dasar bagi anak berupa kebutuhan fisik , kasih sayang/emosi, dan pendidikan pra sekolah yang seharusnya menjadi tanggung jawab orangtua. Dari problematika tersebut, maka dibutuhkan suatu wadah untuk perawatan serta pengembangan anak usia dini baik dari segi pengasuhan , pendidikan dan gizi maupun kesehatan . Pendidikan Anak Usia Dini dapat di tempuh melalui pendidikan formal dan non formal . Pendidikan Formal yang merupakan dasar awal pendidikan anak yaitu ditempuh melalui Taman Kanak-Kanak, dan pendidikan nonformal ditempuh melalui kelompok bermain (playgroup) dan Taman Penitipan Anak (TPA). Dengan demikian , nantinya anak akan selalu mendapat kecukupan kebutuhan-kebutuhan dasarnya dan terlindung dari bahaya yang mungkin terjadi ( kecelakaan , keracunan , penganiayaan , dan lain-lain ). Anak akan tetap mendapatkan perhatian dalam tumbuh kembangnya secara optimal , sementara ibu dan ayahnya dapat bekerja diluar rumah dengan tenang. Berdasarkan gambaran uraian tersebut, menguatkan fenomena yang terjadi dikota besar bahwa mulai banyak wanita / ibu yang bekerja, sementara kebutuhan anak-anak usia dini akan sosok pendidik dan pengasuh sangat penting. Maka dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan suatu wadah sebagai sarana yang dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak melalui pelayanan pendidikan dan pengasuhan yang berupa ” Pendidikan Anak Usia Dini dan fasilitas Taman Penitipan Anak. Tujuan Dan Sasaran Tujuan Tujuan pembahasan ini adalah merencanakan dan merancang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai fasilitas pendidikan yaitu ; a. Pendidikan NonFormal , yaitu kelompok bermain (playgroup) dan Taman Penitipan Anak (children day care) ,serta b. Pendidikan Formal bagi Anak Usia Dini yaitu TK , yang sesuai dengan standar yang ada dan sesuai dengan kebutuhan sebagai ruang kelas ,ruang latihan , dan ruang pengasuhan serta ruang bermain. Sasaran Tersusunnya usulan langkah-langkah pokok (dasar) perencanaan dan perancangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Fasilitas Taman Penitipan Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar